//
you're reading...
Info Bara

Korban Kecurangan Penerimaan CPNS Batubara Berunjuk Rasa

Medan ( Berita ) : Puluhan warga yang mengaku korban kecurangan dalam seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil tahun 2010 di Kabupaten Batubara berunjuk rasa di Kantor Gubernur Sumatera Utara di Medan, Senin [21/03] , menuntut pemindaian lembar jawaban ujian.

Koordinator Aksi pengunjuk rasa Irwan Manik dalam orasinya mengaku menemukan indikasi kecurangan yang dilakukan panitia penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemkab Batubara.

Padahal, kata dia, panitia penerimaan pernah berjanji akan melibatkan peserta CPNS dalam proses pemindaian yang dilakukan pihak Universitas Indonesia (UI) sebagai mitra Pemkab Batubara. “Kami menolak ’scanning’ ulang tersebut karena tidak transparan. Bahkan kami curiga lembar jawaban yang hasil ’scanning’ ulang itu bukan milik peserta ujian saat itu,” katanya. “Kami menolak segala bentuk pembodohan dalam penerimaan CPNS di Batubara,” katanya.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengadaan Badan Kepegawaian Daerah Pemprov Sumut Pandapotan Siregar yang menerima pengunjuk rasa mengatakan pihaknya tidak dapat mengambil alih proses penerimaan CPNS di Batubara karena belum ada ketentuan yang mengaturnya.

Namun, selaku pihak yang ditunjuk sebagai koordinator penyelenggaraan CPNS di Sumut, pihaknya akan menyampaikan aspirasi tersebut ke pemerintah pusat, khususnya ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Kementerian Pendayangunaan Aparatur Negara.

Bentuk Pansus Penerimaan CPNS

Sementara itu, koordinator lapangan Supriadi menjelaskan, data yang diperolehnya menunjukkan sebanyak 271 dari 362 CPNS yang diterima di Batubara dalam proses seleksi tahun 2010 bermasalah.

“Ke-271 CPNS itu seharusnya tidak layak lulus, dimana 27 orang di antaranya adalah kroni-kroni pejabat Batubara termasuk orang-orang dekat bupati serta ketua dan anggota DPRD setempat,” katanya.

“Data ini sudah kita sampaikan ke BKN (Badan Kepegawaian Negara), KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dan juga ke Mabes Polri. Pihak BKN sendiri berjanji tidak akan mengeluarkan NIP (nomor induk pegawai) CPNS yang dinyatakan lulus itu sebelum ada keputusan hukum yang berkekuatan tetap,” katanya. Selain di DPRD Sumut, aksi yang sama sebelumnya juga mereka gelar di Kantor BKN Wilayah VI dan Kantor Gubernur Sumut. (ant)

About batubaranews

Info-Info MEMBARA !!

Diskusi

3 thoughts on “Korban Kecurangan Penerimaan CPNS Batubara Berunjuk Rasa

  1. Dari dulu sampai sekarg, isu ini tak ponah habis..botul2 muak mandonganyo..nampaknyo mental bangsa kito lamo lagi bisa maju..

    Posted by John | Minggu, 24 April 2011, 12:15 am
  2. hal ini karena pemerintah daerah (batu bara) tidak pernah bisa menjamin kemurnian ujian ini. jangan kan ujian pns ujian nasional saja terjadi manipulasi yang terkonsep antara pemerintah dan pihak sekolah dan pihak yang lainnya.

    Posted by hadi syah outra | Senin, 4 Juli 2011, 2:38 pm
  3. di baca keluhan masyarakat jgn taunya duduk dan diam,,,apakah itu yg di sebut pejabat yg di pilih klo pejabat seperti itu diam dan tak mau bertindak bagusan tak ada pejabat seklian di bandingkan ada pejabat cuman taunya ngurusi,,,perutnya aja bukan masyarakatnya

    Posted by ridho | Rabu, 3 Agustus 2011, 1:07 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klik tertinggi

  • Tak ada
%d blogger menyukai ini: