//
you're reading...
Info Bara, Info Sumut

Dana BOS, Dispenda Batubara lamban

MEDAN – WASPADA ONLINE. Lambannya penyaluran Dana BOS di kabupaten/kota Sumut menjadi masalah serius. Hingga kini baru 8 kabupaten/kota yang menyalurkan dana BOS yaitu Mandailing Natal, Tebing Tinggi, Medan, Labuhanbatu Utara, Serdang Bedagai, Toba Samosir, Binjai, dan Tanjungbalai.

Menanggapi hal ini, komisi C Kabupaten Batu bara mengadakan kunjungan kerja kepada Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Syaiful Syafri, tadi pagi. Mereka turut membawa pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara.

Syaiful Syafri dengan tegas menyatakan kekecewaannya terhadap kelambanan Pemerintah daerah Kabupaten Batubara dalam menyalurkan Dana BOS, padahal ini merupakan kerja dari tahun ke tahun.

Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara menjelaskan kelambanan ini diakibatkan pernyataan Dispenda bahwa mekanisme penyaluran dana BOS harus berdasar pengesahan APBD. Mendengar hal ini Syaiful berkomentar, “Dispenda jangan bersilat lidah”katanya “ Sudah dua kali dikirimkan surat edaran, seharusnya itu dibaca baik-baik. Penyaluran dana BOS tidak harus berdasarkan pengesahan APBD, hanya berpedoman pada surat edaran dari Mendiknas, Mendagri dan Gubsu”

Sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor 900/750/SJ tanggal 11 Maret dan Surat Menteri Pendidikan Nasional RI nomor 293/MPN/KU/2011 apabila pemerintah kabupaten/kota tidak segera menyalurkan dana BOS tersebut akan dilakukan evaluasi program dan kegiatan di daerah kabupaten/kota. Ini bisa berarti dana BOS di stop oleh Mendiknas.

Sampai saat ini dana BOS Triwulan I sebesar RP29 miliar yang sudah dikirim ke Pemerintah Daerah Kabupaten Batubara belum disalurkan. Ini menghambat peningkatan pendidikan di SD dan SMP khususnya saranan dan prasarana sekolah. “Dana BOS adalah hak anak didik” tegas Syaiful.

About batubaranews

Info-Info MEMBARA !!

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klik tertinggi

  • Tak ada
%d blogger menyukai ini: