//
you're reading...
Info Bara

Batubara Terus Upayakan Pelabuhan Internasional

LIMAPULUH  [WASPADA Online]  Pemkab Batubara sampai saat ini terus melakukan upaya-upaya untuk menjadikan pelabuhan Tanjung Tiram menjadi pelabuhan internasional dengan membuka trayek pelayaran ferry Tanjung Tiram-Port Klang, Malaysia.Demikian Pj Bupati Batubara Drs H Sofyan Nasution, SH. MM melalui Asisten II Abdul Gani,S. Sos kepada Waspada di ruang kerjanya kantor Bupati Batubara Jalan Perintis Kemerdekaan Limapuluh Rabu (6/5). “Atas arahan bupati, saya baru saja pulang dari melakukan lobi-lobi di pusat untuk keperluan dan percepatan pembukaan pelabuhan internasional Tanjung Tiram,” ujar Gani.

Gani mengatakan, Departemen Perhubungan telah mengeluarkan izin pelayaran kepada agen pelayaran ferry Tanjung Tiram-Port Klang. Ia mengaku sebelumnya masalah ini sedikit mengalami hambatan akibat nama kapal ferry yang digunakan agen pelayaran Tanjung Tiram-Port Klang sama dengan yang digunakan agen pelayaran lain. Tetapi masalahnya sudah kelar dan izin pelayaran inipun sudah dikeluarkan Departemen Perhubungan, tambah Gani.

Dikatakan, pengoperasian pelabuhan internasional Tanjung Tiram tinggal selangkah lagi. Hanya menunggu payung hukum dari Departemen Hukum cq Dirjen Imigrasi berupa penetapan pelabuhan Tanjung Tiram sebagai tempat pemeriksaan imigrasi bagi lalu lintas keluar masuknya WNA dan WNI ke Indonesia dan keluar negeri.

Menurut Gani, Kantor Imigrasi Tanjungbalai sudah mengeluarkan rekomendasi, Pelabuhan Tanjung Tiram layak dijadikan Tempat Pemeriksaan Imigrasi sekaligus sebagai pelabuhan internasional. Rekomendasi ini sekarang dalam proses Kanwil Imigrasi di Medan guna diteruskan ke Dirjen Imigrasi. Diharapkan SK penetapan status pelabuhan Tanjung Tiram sebagai tempat pemeriksaan imigrasi secepatnya dikeluarkan.

Sebelumnya Sofyan Nasution mengatakan dibukanya pelabuhan internasional Tanjung Tiram ini merupakan cita-cita rakyat Batubara yang sudah lama diidam-idamkan. Pembukaan pelabuhan ini akan mendatangkan keuntungan besar bagi warga Batubara.

Diperkirakan pertumbuhan ekonomi akan berkembang pesat disini seiring dengan pembukaan pelabuhan itu. Ini disebabkan akan terbuka luasnya akses ekonomi ke luar negeri dari daerah ini. Untuk itu Pemkab Batubara berupaya cukup serius dengan usaha kerja keras mempercepat dibukanya pelabuhan internasional Tanjung Tiram ini, ujar Sofyan. (c05)

Iklan

About batubaranews

Info-Info MEMBARA !!

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klik tertinggi

  • Tidak ada
%d blogger menyukai ini: