//
you're reading...
Info Bara

Puluhan Warga Beraudiensi ke Kantor Bupati Batubara

Minta Hasil Ujian CPNS Dibatalkan

Limapuluh, (Analisa) Puluhan warga dari beberapa kecamatan menamakan diri kelompok hamba Allah beraudiensi ke Kantor Bupati Batubara di Limapuluh Senin (4/2). Mereka diterima Sekda Drs Sofyan MM dan Asisten 2, A Gani S.Sos.

Beberapa juru bicara, seperti Ali Fatah, Yani, Zulkarnain Ahmad, H Muchtar Tanjung, Mulkan SH dan Diana berkesimpulan ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang digelar 16 Januari 2008 hanya lelucon dan banyak kejanggalan. Karenanya mereka minta hasilnya yang diumumkan 28 Januari lalu dibatalkan saja karena tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat Batubara.
Kejanggalan-kejanggalan yang ditemukan, di antaranya materi ujian tidak ada bidang dan pertanyaan khusus untuk formasi yang disediakan. Misalnya untuk guru matematika, materi ujiannya melulu umum.

Demikian juga penempatan formasi yang disediakan dinilai tidak tepat. Sarjana politik misalnya tidak mungkin ditempatkan pada bagian ekonomi dan lainnya. Apalagi panitia tidak memperhatikan putra daerah. Potensinya cukup besar tapi kenyataan putra daerah sebagian besar kalah.

Faktor lainnya, batas usia. Banyak di antara peserta melebihi umur 35 tahun. Tapi kenyataan boleh ikut ujian. Mereka banyak pula berasal dari luar daerah, bukan hanya luar daerah Batubara, juga luar dari Sumatera Utara.

Selain itu, di Pemkab Batubara banyak staf kepegawaian berstatus tidak jelas. Apakah mereka itu pegawai honor daerah atau lainnya. Kalau bukan pegawai negeri dari mana sumber gaji mereka. Apakah dari Dana Alokasi Umum (DAU) atau APBD. Karenanya mereka minta untuk tidak memberatkan yang tidak jelas kepegawaiannya itu diberhentikan saja.

Apalagi tidak sesuai dengan peraturan pemerintah (PP) 48. Kecuali ada payung hukum lain yang membenarkan mereka bertugas. Mereka mengaku,permintaan melaksanakan PP 48 tersebut bertujuan untuk tidak merugikan Pemkab Batubara.

Beberapa di antara materi pertanyaan yang diajukan kelompok hamba Allah itu dijawab oleh Sekda dan Asisten-2 Sekdakab Batubara. Ujian CPNS yang digelar bekerjasama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) Medan. Nomor urut yang lulus sesuai dengan ranking dan tidak ada yang dikarbit nilainya. Tidak masalah bila suatu saat dilakukan audit, guna mencari kebenaran.

Sedangkan penempatan kepegawaian berstatus tidak jelas, merupakan kebijakan masing-masing dinas dan instansi. Gaji mereka memang bukan bersumber dari APBD dan APBN.

Usai audiensi, Sekdakab Batubara Drs Sofyan MM saat ditemui mengaku semua permasalahan yang disampaikan kelompok hamba Allah yang juga diketahui merupakan tokoh-tokoh Gemkara itu, secepatnya disampaikan kepada Pj Bupati Batubara.

Yang pasti menurut prakiraan Sofyan MM tidak mungkin hasil ujian ditolak atau dibatalkan. Demikian juga untuk mengulangi pelaksanaannya. (al)

Iklan

About batubaranews

Info-Info MEMBARA !!

Diskusi

One thought on “Puluhan Warga Beraudiensi ke Kantor Bupati Batubara

  1. saya dalah satu dara pegawai honor yang tidak jelas statusnya. mohon kpd jurnalis agar memberikan info lebvih rinci tentang pegawai honor

    Posted by satria | Minggu, 1 Maret 2009, 11:01 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Klik tertinggi

  • Tidak ada
%d blogger menyukai ini: