//
you're reading...
Info Sumut, Lowongan/B. Siswa

Pemprovsu dan Kabupaten/Kota se-Sumut Buka Pendaftaran CPNS

Mungkin ini kabar gembira bagi kita para pencari kerja dan ‘pengidam’ PNS sejati. Dalam waktu yang tak berapa lama lagi, Pemprovsu dan Kabupaten-Kabupaten se-Sumut akan membuka pendaftaran CPNS. Beritanya dapat anda temukan di sini !


Medan — Terhitung mulai 20 Nopember- 5 Desember 2008, pemerintah provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan pemerintahan daerah kabupaten/kota se-Sumatera Utara (Sumut) akan membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara serentak di wilayah Sumatera Utara. Perekrutan CPNS ini terkecuali bagi Pemerintahan Kota Padangsidempuan, karena dalam perekrutan CPNS formasi tahun 2008 tidak dianggarkan. Pemko Sidempuan malah mengajukan ke Menpan untuk menerima CPNS formasi tahun 2009 sebanyak 320 orang.
Sedangkan Pemko Medan jawabannya hingga hari itu belum diterima Pemprovsu. Namun dalam waktu dekat pihak Pemprovsu akan mempertanyakan ke Pemko Medan, apakah akan menerima CPNS untuk formasi tahun 2008 ini.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provsu Mangasing Mungkur kepada wartawan, Kamis (12/11) di kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, usai rapat rencana alokasi penerimaan CPNS Kabupaten/Kota se-Sumatera formasi Tahun 2008 yang dihadiri seluruh Sekda, kepala BKD kabupaten/kota, Kepala Pos Indonesia Medan.

Mungkur mengatakan, pengumuman penerimaan CPNS selengkapnya akan diumumkan melalui media massa, internet dan di kantor-kantor pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/kota mulai 18-30 Nopember 2008. Pendaftaran atau berkas pelamaran itu dikirim melalui kantor Pos ke kantor Gubsu atau BKD Provsu. “Persyaratan gampang, para pelamar CPNS hanya membuat surat permohonan yang ditujukan ke Gubsu, dan dilampirkan pas photo 3 x 4 = 4 lembar hitam putih, poto copy ijazah yang dilegalisir, usia maksimal 36 tahun dan minimal 18 tahun. Setelah lulus jadi CPNS, berkas lainnya baru dilengkapi, seperti kartu kuning dan sebagainya,” kata Mungkur.
Dia juga mengatakan, kepada para pelamar yang berada di kabupaten/kota maupun di luar provinsi Sumut agar mengusahakan berkas pelamaran CPNS-nya sampai sebelum 5 Desember 2008 di kantor BKD Provsu. “Tapi kami juga mentolerir sedikit waktu bagi pelamar CPNS yang berada di luar kota Medan, selama berkas pelamarannya bertanda cap setempel kantor Pos masih tanggal 5 Desember 2008 dan sampai ke kantor kami paling lambat tanggal 9 Desember 2008, kami masih akan menerima berkas lamaran itu, dan kami tidak akan libur hingga 9 Desember 2008. Tapi kalau lewat dari tanggal 9 Desember 2008, kami tidak terima lagi berkas tersebut,” katanya, seraya menjelaskan bahwa pelamaran CPNS itu terbuka juga bagi masyarakat yang berada di luar provinsi Sumut.

Menurut dia, untuk pelaksanaan ujian CPNS akan dilakukan serentak pada 16 Desember 2008 mulai di tingkat provinsi, maupun kabupaten/kota. “Selesai ujian, hasil ujian lembaran jawaban langsung dibawa ke USU (Universitas Sumatera Utara) untuk diperiksa langsung, begitu juga di kabupaten/kota berkas hasil ujian lembaran jawabannya langsung dibawa ke Medan atau USU untuk diperiksa. Pokoknya soal tersebut tidak bisa bermalam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tentunya dengan pengawalan ketat kepolisian,” terangnya.

Pengumuman kelulusan CPNS, lanjut dia, akan dilakukan 24 Desember 2008 karena 25 Desember 2008 hingga awal Januari 2009 sudah libur. “Cara baru ini kita lakukan untuk menghindari kecurangan atau permainan karena yang membuat soalnya adalah dari USU sendiri, kita juga minta agar para peserta jangan membuat nomor kontaknya di dalam surat lamaran,” paparnya.
Dikatakannya, permintaan pendaftaran CPNS formasi tahun 2008 ini merupakan permintaan dari pusat. Pemprovsu dan kabupaten/kota hanya melaksanakannya. “Penerimaan CPNS untuk seluruh wilayah Sumut, baik di provinsi maupun kabupaten kota bisa mencapai 10.000 orang, sebab kabupaten/kota itu ada yang menerima CPNS hampir 500 orang,” katanya.
Namun bagi Pemprovsu sendiri, lanjut dia, tahun 2008 ini secara khusus menerima 9 orang pelatih untuk menjadi CPNS ditempatkan Dispora Provsu, dengan usia maksimal 40 tahun. “Jadi Pemprovsu menerima CPNS sebanyak 114 orang yang masing-masing dari 55 orang bagian medis, 50 orang bagian teknis dan 9 orang pelatih dari umum,” jelasnya.
Sementara pengangkatan pegawai honorer, lanjut dia, pengangkatannya sudah dilakukan mencapai 635 orang dan sisanya sebanyak 420 orang akan diangkat tahun 2009. Begitu juga untuk Sekretaris Desa menjadi PNS sudah diusulkan Pemprovsu ke Menpan sebanyak 3169 orang dari Sumut, masing-masing dari 20 kabupaten dan 1 kota. “Itu kecuali Padang Lawas. Mereka akan diangkat menjadi PNS tahun 2008 ini dan kita tinggal menunggu persetujuan dari Menpan,” ujarnya. (M35/h)

Sumber : SIB

About these ads

Tentang batubaranews

Info-Info MEMBARA !!

Diskusi

7 pemikiran pada “Pemprovsu dan Kabupaten/Kota se-Sumut Buka Pendaftaran CPNS

  1. kapan sich di adakan penerimaan CPNS tahun 2009 di Provinsi Sumut? Dan, di daerah mana saja yang menerima?

    Posted by Zius | Rabu, 30 September 2009, 10:33 pm
  2. Dalam pendaftaran CPNS Pempro dan Kabupaten/ Kota Se-Sumut, kl seandainya kita memliki KTP Padangsidempuan,boleh ga di pakai untuk daftar CPNS d Pemkab Tapsel misalnya?

    Posted by Fadlyka HS Harahap | Kamis, 1 Oktober 2009, 1:44 pm
  3. tolong terbitkan lagi FORMASI nya !!!
    Thakns………
    GBU

    Posted by Ranoe | Jumat, 2 Oktober 2009, 2:55 pm
  4. tolong donk pejabat terkait di sumut yg nanganin cpns,jgan terlalu obsesi sekali ngadain cpns 2009 sementara kami para cpns 2008 di pemkab labuhanbatu masih tdr2an karna SK belum turun2..aliasmasih nganggur
    emang kedengaran lucu tapi itu kenytaan..cpns pemkab laen dah pada dah pada nerima gaji 13,sementara kami?????????????????hanya menunggu dan menunggu……………….

    Posted by chalin | Jumat, 2 Oktober 2009, 3:24 pm
  5. pejabat atau panitia pelaksana penerimaan CPNS tahun 2009 diharapkan melaksanakan program tersebut dengan benar benar bagi yang memenuhi syarat sesuai dengan kebutuhan lowongan yang dibuka instansi terkait jangan ada suap menyuap atau kolusi demi nasib negara kita kedepan Horas……..Q

    Posted by Brima Jaya | Jumat, 2 Oktober 2009, 5:23 pm
  6. aduh umurku br 17 bisa ga ya……….

    Posted by Tyonks | Selasa, 13 Oktober 2009, 8:50 pm
  7. Menyuap,Nepotisme,Kolusi dalm Penerimaan CPNS adalah Perbuatan melawan hukum karena merampas Hak rejeki/hak hidup orang lain, Jika anda lulus dari hasil tersebut gaji yg anda terima seumur Hidup adalah hasil perbuatan DOSA.dan yg membantu kelulusan jg perbuatan dosa &tindakan melawan hukum karena ikut serta membantu menghilangkan hak hidup orang lain,Awas Neraka Menanti

    Posted by Bustamah | Jumat, 30 Oktober 2009, 1:20 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: