//
you're reading...
Nasional

Ibukota RI Pindah?

[batubaranews] Belakangan ini berkembang isu ibukota negara Republik Indonesia akan dipindahkan dari Jakarta.

Apakah sebab akan dipindah? Apakah karena ibu kota yang sekarang sudah sangat padat dan semrawut? Apalagi langganan banjir?

Mari kita diskusikan/berikan komentar mengenai hal ini!
Sebelumnya batubaranews sajikan kutipan dari 2 media berikut :

Pertama dari : http://smsplus.blogspot.com/2008/02/fraksi-pks-ibukota-sudah-layak-dipindah.html 

Fraksi PKS: Ibukota Sudah Layak Dipindah

Alternatifnya, kata Muzammil, adalah memisahkan pusat pemerintahan dengan bisnis seperti yang dilakukan Malaysia, Amerika Serikat dan Pakistan. Di ketiga negara tersebut masing-masing pusat bisnisnya terdapat di Kuala Lumpur, New York dan Karachi. Sedangkan pusat pemerintahannya terdapat di Putrajaya, Washington dan Islamabad.

PK-Sejahtera Online: Buruknya tata kota di Jakarta membuat ibu kota negara ini semakin tak layak. Transportasi yang semrawut, pemukiman dan jumlah penduduk yang sangat padat serta masalah banjir yang tak kunjung selesai cukup menjadi alasan untuk memindahkan ibu kota ke daerah lain.

Demikian disampaikan Anggota Fraksi PKS DPR RI dari Daerah Pemilihan Lampung Almuzammil Yusuf, Selasa (5/1) di Jakarta, menanggapi banjir yang melanda ibu kota untuk kesekian kalinya akhir pekan lalu.

Menurut Muzammil perpindahan ibu kota bukan merupakan hal yang tabu. Sebab beberapa negara di dunia telah melakukan hal itu dengan berbagai pertimbangannya. Indonesia sendiri dalam sejarahnya telah beberapa kali mengalami perpindahan ibu kota.

Alternatif lainnya yang bisa menjadikan ibu kota lebih efektif kata Muzammil adalah memisahkan pusat pemerintahan dengan bisnis seperti yang dilakukan Malaysia, Amerika Serikat dan Pakistan. Di ketiga negara tersebut masing-masing pusat bisnisnya terdapat di Kuala Lumpur, New York dan Karachi. Sedangkan pusat pemerintahannya terdapat di Putrajaya, Washington dan Islamabad.

“Jaman Belanda dulu tempat Gubernur Jenderal ( pemerintahan) ada di Bogor, sedangkan Batavia atau Jakarta lebih berfungsi untuk pusat perdagangan,” tambah Muzammil.

Dalam kondisi Indonesia saat ini, lanjut dia, untuk melakukan hal yang sama tentu diperlukan feasibility study yang matang oleh Pemerintah. Untuk itu pemerintah perlu mengundang pihak DPR, DPD dan pihak-pihak lainnya guna mendapatkan masukan-masukan penting.

“Sehingga pada akhirnya bisa disahkan dengan perundang-undangan untuk menjadi solusi yang bisa diterima oleh semua pihak,” jelasnya.

Dia menambahkan salah satu pilihan ibu kota yang patut dipertimbangkan bila diputuskan untuk pindah adalah Propinsi Lampung. Sebab dari sisi jarak, Lampung cukup dekat dengan Jakarta, terlebih bila konsep Jembatan Merak – Bakauheni jadi direalisasikan. Dari sisi tata kota, propinsi ini pun relatif masih mudah untuk dibenahi.

“Dukungan Pelabuhan Laut Panjang yang merupakan Pelabuhan alami juga berada di Pantai Kota Bandar Lampung. Selain itu komposisi penduduknya juga sudah lama multi suku, seperti warga Jakarta,” ungkapnya.
(nisa/fpks DPR RI)

Satu lagi dari : http://www.waspada.co.id/Berita/Sumut/Alternatif-Ibukota-Baru-Sumut-Pilihan-Yang-Terbaik.html

Alternatif Ibukota Baru, Sumut Pilihan Yang Terbaik
Medan, WASPADA Online

Sumatera Utara menurut anggota DPRD Sumut, merupakan pilihan terbaik, jika ibukota pemerintahan Indonesia dipindahkan dari DKI Jakarta. “Saya mengatakan pilihan terbaik, karena lahan di Sumatera Utara masih sangat luas dan sangat berdekatan dengan negara-negara tetangga, yang secara geostrategis sangat pas dan juga mudah dijangkau dari daerah manapun di wilayah Indonesia,” sebut Abdul Hakim Siagian, anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN).

Abdul Hakim mengatakan Selasa (5/2), Kalimantan atau Sulawesi juga pilihan yang baik. “Namun alternatif terbaik untuk ibukota negara ya Sumatera Utara,” kata dia. Lahan bekas PT Perkebunan Nusantara II sangat luas dan bisa dimanfaatkan menjadi daerah ibukota pemerintahan. Selain itu, mudah dijangkau, baik melalui udara dan laut, dan kultur masyarakat Sumut sangat mendukung.

Karena itu, menurut Wakil Ketua DPW PAN Sumut itu, wacana ataupun pemikiran memindahkan ibukota pemerintahan harus terus dikembangkan. Sebab Jakarta sekarang ini sudah sangat padat. Dia mencontohkan Malaysia yang jauh hari telah menyadari itu sehingga mereka memindahkan ibukota pemerintahannya. Hal itu akan berdampak sangat positif dalam rangka membangun kota pemerintahan baru, sedangkan Jakarta terus dipertahankan menjadi kota perdagangan dan bisnis.

Hal senada dikatakan anggota Komisi B dari Fraksi Partai Bulan Bintang (PBB), Bustinursyah, Msc, IAI. Tapi menurut dia, jika ditinjau dari accesibilitas di benua kepulauan ini, Kalimantan lokasi yang pas sekaligus percepatan pembangunan kawasan timur Indonesia.
Benahi Tata Ruang Berbeda pemikiran, Wakil Ketua Komisi A DPRD SU, Ir. Edison Sianturi mengatakan, memindahkan ibukota sama dengan melarikan diri dari masalah. “Kita tidak perlu memikirkan memindahkan ibukota, tapi mari membenahi kembali tata ruang,” sebutnya.

DKI Jakarta sekitarnya harus disiplin terhadap tata ruang, sehingga banjir dapat dikendalikan. “Apa jadinya kalau negara sebesar ini tidak mampu menyelesaikan masalah banjir di Jakarta,” sebut Edison. Menurutnya, kemanapun dipindahkan ibukota kalau tidak tertib mengikuti tata ruang, nantinya akan menuai masalah juga. Jalankan otonomi dengan benar supaya masyarakat tidak bertumpuk ke Jakarta. Kalau otonomi daerah berjalan dengan baik, maka masyarakat akan terdistribusi sendiri di daerah-daerah, sehingga jumlah penduduk di ibukota bisa dikontrol. (m11)

Bagaimana komentar anda?

About these ads

About batubaranews

Info-Info MEMBARA !!

Diskusi

21 thoughts on “Ibukota RI Pindah?

  1. Menurut saya, memang sudah sepantasnya ibukota negara kita pindah… Karena jakarta kayaknya sudah tidak pantas lagi…bayangin aja masak jalan mau ke bandara bisa banjir…mana ada yang mau datang lagi…pasti mereka udah pada illfeel ma indonesia… Gimana visit indonesia 2008 akan terlaksana..?!

    salam kenal yach… :)

    Posted by ranywaisya | Sabtu, 9 Februari 2008, 9:10 pm
  2. @ranywaisya
    Setuju… setuju…
    Tapi aku ada usul;
    gimana kalo banjir itu kita jadikan objek wisata?
    Jadi orang2 di seluruh dunia bisa berwisata banjir ke ibukota. Orang2 bisa mandi2 di jalan tol, naik perahu karet or rakit debok pisang menyusuri jalan-jalan di ibukota…… Mungkin ini jadi yang pertama dan satu-satunya di dunia. Gimana? OK kan?
    Jadi, kalo setuju, mulai sekarang banjir di Jakarta harus tetap dijaga. Jangan sampai pernah surut sepanjang tahun.

    Posted by batubaranews | Minggu, 10 Februari 2008, 4:04 pm
  3. Setuju!
    Kalimantan, atau Sulawesi Sekalian biar ada pemerataan. :D

    Posted by Junarto | Minggu, 10 Februari 2008, 5:15 pm
  4. @Junarto
    OK Bos, Bantu usulin deh ke DPR!

    Posted by batubaranews | Minggu, 10 Februari 2008, 5:38 pm
  5. Saya pernah baca artikel, yang menyebutkan kalau kota Palangkaraya ternyata sudah di siapkan untuk menjadi ibukota RI sejak zaman Bung Karno. mungkin ada yg pernah baca ?

    Posted by Fadli Reza | Minggu, 10 Februari 2008, 10:07 pm
  6. bisa saja

    Posted by indonesiarepublik | Senin, 11 Februari 2008, 4:21 am
  7. Tapi terlalu ribet kita bicara Ibu Kota, gak bakalan susah memindahkannya. Persoalan yang lebih rumit banyak didepan mata yang perlu kita selesaikan sebagai putra-putri bangsa ini.

    Posted by indonesiarepublik | Senin, 11 Februari 2008, 4:25 am
  8. Jakarta emang sudah penuh sesak dengan segala hiruk -pikuk kegiatan pemerintahan, perdagangan, bisnis dll
    ada benarnya juga wacana pemindahan ibu kota RI tapi perlu kajian menyeluruh tentng kelayakannya dn juga pemindahan harus bertahap agar stabilitas berbgai sektor bisa terkendali..BTW SAYA JUga menulis tentaNg ini di blog saya, coment juga ya?

    Posted by evanrama | Selasa, 12 Februari 2008, 6:58 am
  9. @Junarto
    Wah, jangan semua, mas!
    Ntar gak asyik… :)

    @Fadli Reza
    Tapi, apa Palangkaraya bebas banjir juga, bang?
    Btw, bisa kirim artikelnya?

    @indonesiarepublik
    Ribet dan butuh dana besar, memang.
    Tapi, siapa tahu dengan kepindahan itu membuat Indonesia lebih baik. Siapa tau, sih.. :D

    @evanrama
    Sip, bang! Paten!
    Macamnya abang ni politikus juga ya. He..he…he..

    Posted by batubaranews | Selasa, 12 Februari 2008, 8:23 am
  10. wah sedaplah ni biso bhas melayu di dunia maya

    Posted by afrizal | Jumat, 15 Februari 2008, 2:09 pm
  11. @afrizal
    Tentulah sedap, pakcik!
    salam kenal.

    Posted by batubaranews | Jumat, 15 Februari 2008, 3:31 pm
  12. Wah…anggaran lagi deh keluar, kapan negara ini maju…hari ke hari jalannya mundurrrr aja. Ekonomi…mudur, Politik…mudur plus hancur….Pendidikan…apalagi..hancur lebur kayak Sidoarjo menunggu ajalnya…yang makin maju…Korupsi, Kejahatan ( apalagi yang berdasi ). Salam kenal bos.

    Posted by abiehakim | Jumat, 15 Februari 2008, 3:38 pm
  13. @abiehakim
    Salam kenal kembali.
    Thx atas kunjungannya, bang!

    Posted by batubaranews | Jumat, 15 Februari 2008, 3:45 pm
  14. emang mudah mindahin ibu kota? di jakarta itu ada banyak kedutaan besar negara sahabat. apa mau mereka mindahin kantornya ke kalimantan? jadi mindahin ibu kota jangan jauh2 deh. ke lampung aja.

    Posted by ibnu sina simargolang | Jumat, 9 Mei 2008, 5:29 pm
  15. Ruwet mah kalo pindah ibukota RI, dimana ada gula disitu ada semut…akhirnya jadi pusat bisnis …
    lah di forum komentar aja udah pada rebutan pingin ibukota RI dipindahin ke kampung halamannya..

    hayoo..yang ada identitas ke daerahan, berpecah belah…lah gimana indonesia mau maju…

    Posted by salim | Senin, 19 Mei 2008, 12:42 pm
  16. memindahkan ibukota tak segampang memindahkan barang, perlu perencanaan yang matang terutama dari segi biaya, apakah negara kita mempunyai dana yang memadai untuk melakukan pemindahan ibukota tersebut? belum lagi akan perencanaan tata ruang kota, yang tetntunya memerlukan penelitian dan grand design yang mantap, dan tentu juga akan memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit.
    Namun bukan berarti bahwa hal itu tidak dapat dilakukan, mengingat kondisi Jakarta saat ini yang sangat semrawut dari segi apapun, terutama dari penataan ruang kotanya yang banyak sekali sudah tidak sesuai dengan peruntukan lahannya, misalnya dalam sebuah kota , minimal 30% luas kota (yang padat bangunan dan aktivitas) tersebut diperuntukkan sebagai lahan hijau, namun kenyataannya saat ini di jakarta hanya kurang lebih hanya 10% saja yang dijadikan lahan hijau, agak sulit rasanya menemukan ruang komunal berupa taman di jakarta, saya tidak tahu apa sebabnya pemerintah tidak begitu perduli akan hal ini.Mungkin bagi Pemda Jakarta komersialisasi lahan tersebut untuk mall dan apartemen akan lebih menguntungkan daripada membuat taman atau lahan hijau yang minim pendapatan , namun besar pengeluaran!

    Posted by Johndoe | Sabtu, 24 Mei 2008, 12:07 am
  17. @Jhondoe

    Mungkin bagi Pemda Jakarta komersialisasi lahan tersebut untuk mall dan apartemen akan lebih menguntungkan daripada membuat taman atau lahan hijau yang minim pendapatan , namun besar pengeluaran!

    Ya… menguntungkan sesaat aja!

    Posted by batubaranews | Sabtu, 24 Mei 2008, 12:44 pm
  18. sangat setuju ibukota RI pindah, kalo perlu lokasi di tepi selat malaka semisal kota Kisaran Asahan ato Tanjungbalai.

    Posted by muhammad suib | Rabu, 16 Juli 2008, 11:56 am
  19. Pindahkan ibukota ke Makassar!!!

    Kenapa di Makassar:
    1. Di tengah2 Indonesia
    2. Kota Maritim, perahu di Sunda Kelapa, Jakarta, adalah perahu phinisi, asal Bugis-Makassar
    3. penghubung ke Indonesia Timur, bisa jadi percepatan pembangunan di Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, Papua
    4. Secara historis, suku Bugis, Makassar, Mandar dan Bajau, adalah suku pelaut yang berjasa menghidupkan perdagangan di Nusantara, dari jaman Hindu-Budha-Islam ampe jaman Belanda

    Tapi gimana biar jadi Ibukota yang baik, transportasi laut dan udara kita harus diperbaiki…

    Biar repot atau nggak, namanya kalo ada problem ya ada solusinya lah, dan persoalannya adalah apakah pemimpin negara ini mau jadi sumber solusi atau nggak…

    Tapi yang jelas, gw punya solusi…

    Posted by Hanief Adrian | Jumat, 14 November 2008, 3:34 am
  20. jawaban yg tepat adalah palangkaraya…???

    Lucu klo pemindahan k sumatra&sulawesi..
    udah tau tuh pulau sering kena gempa,masa mau d’usulin kstu.
    yg ada bukan tambah sejahtera malah ANCUR…??
    pendapat boleh beda,Tp nalar yg d’asah tajam.

    Posted by egi | Minggu, 5 September 2010, 10:31 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Kader PKS - Menghimpun potensi kader dan ummat - Minggu, 24 Februari 2008

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: